Cara Tukar Pengguna Aplikasi PMP


Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) berisi kuesioner yang wajib diisi oleh Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Peran Operator hanyalah menyiapkan aplikasi PMP yang selanjutnya pihak-pihak yang bersangkutanlah yang mengisi kuesioner tersebut, kecuali jika operator merangkap sebagai guru,hehehe. Maklum sebagai operator masih banyak pekerjaan yang menunggu, verval ini verval itu, lapor ini lapor itu.


Dalam pengisian kuesioner ini pihak sekolah juga memiliki kebijakan masing-masing, ada sekolah yang mewajibkan seluruh guru mengisi kuesioner, dan ada juga sekolah yang cukup mengisi kuesioner sesuai target responden.



Sebelumnya telah kita bahas mengenai Cara Mengerjakan PMP Dari Laptop Masing-masing PTK, akan tetapi seiring berkembangnya aplikasi dapodik dan aplikasi PMP, login menggunakan akun masing-masing PTK tidak bisa digunakan lagi, terdapat pesan kesalahan seperti gambar dibawah ini.

Ini  terjadi setelah kami upgrade aplikasi dapodik dari versi 2016a ke versi 2016b dan aplikasi PMP masih versi 1.2, karena merasa penasaran kami upgrade juga aplikasi PMP ke versi 1.3, dan hasilnya masih tetap tidak bisa, (semoga ada upgrade PMP versi 1.4, hehe).

Lalu pertanyaanya apakah pengisian kuesioner masih bisa dilakukan dari laptop PTK masing-masing? Jawabanya “bisa”, kita bisa mengatasinya dengan cara “Tukar Pengguna”. Berikut langkah singkatnya :

  • Sambungkan Laptop PTK dengan Server (sudah kita bahas sebelumnya)
  • Pada Laptop PTK buka Aplikasi PMP, kemudian login menggunakan akun operator
  • Pilih Menu "Tukar pengguna"


  • Pilih PTK bersangkutan (1) kemudian klik "Tukar"(2)



  • Silahkan PTK mengisi kuesioner yang telah tersedia


Terima kasih semoga bermanfaat

Blog, Updated at: 14.22

0 komentar:

Posting Komentar

Utamakan sopan santun dalam berkomentar